Thursday, March 27, 2014

Rumor Nama Besar

Sejak beberapa waktu yang lalu sempat terdengar rumor menarik di kubu Inter. Salah satunya adalah tentang transfer pemain. Media-media di luar sana menyebutkan nama-nama besar seperti Patrice Evra, Bacary Sagna, Edin Dzeko, hingga Fernando Torres dan Alvaro Morata. Dari kelima nama tersebut memiliki posisi bermain yang sama. Seorang fullback dan striker. Erick Thohir pun telah mengakui tentang rumor tersebut.

Jika melihat dari sisi materi pemain sepertinya kehadiran mereka bisa membuat lebih baik. Dimana Inter masih kekurangan pelapis sepadan untuk duo wingback Jonathan dan Nagatomo. Sektor pemain depan pun masih sangat minim karena Diego Milito semakin uzur dan tempatnya mulai tergeser dengan Mauro Icardi. Lalu apa memang Thohir hanya semata-mata ingin memperdalam skuad? Saya rasa ada beberapa faktor lain mengapa muncul nama-nama besar itu. Berikut adalah faktor-faktornya.

Pengalaman

Evra, Sagna, Dzeko, dan Torres adalah pemain yang cukup disebut berpengalaman. Karena mereka bermain reguler di kompetisi tertinggi. Dan juga lebih ketat dibanding Italia karena di Inggris ada tiga kompetisi. Pengalaman bermain di kancah Eropa pun harus masuk pertimbangan. Hanya Dzeko yang terhitung minim karena Manchester City jarang melaju jauh. Evra dan Torres adalah bagian dari skuad yang memenangkan Liga Champions di klubnya masing-masing. Jika dibandingkan dengan pemain yang ada memang timpang. Jonathan, Nagatomo, Palacio, dan Icardi sebelum di Inter bahkan belum pernah menyicipi pentas Liga Champions. Ini salah satu yang pantas dipertimbangkan.

Nama Besar dan Menjual

Pemain-pemain dengan nama besar memang bisa membantu ekonomi klub. Walaupun memang tidak terlalu signifikan tetapi tetap ada keuntungan tersendiri. Nama-nama besar dari Premier League pasti akan mendapat sorotan lebih. Terutama di Asia yang memang lebih populer. Sebelumnya bahkan sudah ada rekrutan baru Nemanja Vidic. Bisa saja keuntungan ini dari hal-hal kecil seperti menambahnya jumlah penonton di stadion. Di mana orang akan berdatangan karena penasaran dengan aksi-aksi nama besar ini di lapangan bersama Inter. Pemasukan dari tiket stadion akan bertambah. Mungkin juga untuk melakukan kerja sama dengan pihak-pihak di Asia karena Serie-A akan lebih menarik. Bisa saja. Selain itu kualitas dalam nama besar akan menambah gairah semangat tim. Seperti yang telah dicontohkan oleh Hernanes.

Kedalaman Skuad

Skuad Inter memang baik-baik saja. Namun saya rasa kualitas tim utama dengan cadangan belum terlalu sepadan. Sektor penyerang adalah yang harus diperbaiki. Terlalu bergantung kepada Rodrigo Palacio sepanjang musim bisa menjadi seperti pedang bermata dua. Inter akan sulit mencetak gol jika dia tampil kurang fit atau menurunnya performa. Kehadiran striker pengalaman dengan nama besar seperti Dzeko atau Torres harusnya bisa menjadi tambahan kekuatan yang besar.

Menarik ya jika membicarakan transfer pemain. Nama besar dengan pengalaman memang yang dibutuhkan oleh Inter.  Tak masalah jika beberapa di antaranya sudah memasuki usia senja. Karena Inter memang bersahabat baik dengan pemain-pemain seperti ini. Lagipula mulai habisnya pemain-pemain rezim kejayaan dulu ditambah dengan revolusi besar dari mulai presiden hingga pelatih yang punya filosofi berbeda memang harus ada perubahan berarti. Inter tak bisa terus menerus membeli pemain medioker dengan harapan bisa kompetitif di liga dan Eropa sekaligus. Ya memang saat ini nama-nama itu tak superior seperti dulu. Setidaknya mereka berpengalaman lebih. Hal yang sudah lama tak dilihat Interisti.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer