Saturday, April 12, 2014

Preview: Sampdoria vs Inter

Satu kemenangan, satu kekalahan, dan tiga kali seri. Empat di antaranya bermain di Giuseppe Meazza. Minggu nanti pun bertandang ke Luigi Ferraris di Genoa. Markas tim yang belum pernah kalah di lima pertandingan kandang, Sampdoria. Catatan Inter di tandang tak buruk dengan dua kali menang dan seri, sisanya kalah. Ya, giornata ini memang sangat tricky untuk Inter.

Saya rasa pertandingan nanti akan berjalan sangat ketat. Untuk formasi dasar, kedua tim kemungkinan besar akan menurunkan yang terbaik. Inter dengan 3-5-2 dan Sampdoria dengan 4-2-3-1 yang akan bertransformasi menjadi 4-3-3 atau sebaliknya. Ada yang menarik dari pertandingan ini yaitu absennya Manolo Gabbiadini dan Juan Jesus. Menurut saya faktor ini yang akan menentukan.

Sampdoria juga suka bermain melebar dengan memanfaatkan kedua winger. Dan Gabbiadini adalah tumpuan utamanya. Melalui sisi kanan, entah itu dia melakukan crossing atau membawa bolanya sendiri ke depan gawang. Sejauh ini dia sudah mencetak 8 gol, kedua terbaik di bawah Eder. Nah, apa yang akan dilakukan Sampdoria jika sang andalan absen nanti? Semua tergantung kepada kreativitas Mihajlovic. Bisa saja dia menaikkan Kristicic ke depan dan memasang Pedro Obiang atau Renan untuk menemani Palombo di tengah. Alternatif lainnya adalah memaksa salah satu dari Sansone atau Eder untuk bermain di kanan.

Dengan absennya Juan Jesus kekuatan bertahan akan jauh berkurang. Sejauh ini dia adalah pemain belakang yang baik dalam hal tackle, intercept, dan dribble. Inter sangat beruntung karena Gabbiadini juga absen karena tekanan di sisi kiri pertahanan tidak akan setajam jika ada dia. Namun yang harus dikhawatirkan adalah serangan Sampdoria dari set-piece. 15 gol diciptakan yang berawal dari set-piece mereka. Kali ini Inter butuh Walter Samuel sejak awal. Dengan komandonya di belakang harusnya keuntungan duel udara bisa didapatkan. Rannochia dan Rolando adalah tandem yang pas untuknya kali ini.

Inter harus bisa memanfaatkan sisi disiplin pemain-pemain Sampdoria yang buruk. Sejauh ini mereka tim dengan kartu merah dan pelanggaran per pertandingan terbanyak. Memanfaatkan set piece dengan baik wajib hukumnya. Serangan Inter akan bertumpu ke Jonathan. Karena sisi kiri Sampdoria tidak terlalu bagus. Entah itu Regini ataupun Berardi yang akan berada di sana. Memainkan bola-bola pendek dan through ball bisa efektif karena Icardi, Palacio, dan Nagatomo memiliki kecepatan.

Mungkin hasil akhir hanya akan berbeda tipis hingga satu gol saja. Tapi melawan Sampdoria, saya sih berharap Icardi mencetak hattrick.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer