Friday, April 4, 2014

Preview: Inter vs Bologna

Memasuki pekan ke-32 Serie-A ini Inter akan melawan tim penghuni papan bawah Bologna. Interisti termasuk saya pasti merasa tak nyaman. Wajar saja. Karena tren Inter yang hanya menang dua kali dalam lima pertandingan terakhir. Puncaknya ketika ditahan imbang Livorno 2-2. Ya bahkan Livorno yang berada hanya setingkat di bawah Bologna.

Tapi janganlah kita pesimis terlebih dahulu. Di atas kertas memang Inter jauh diunggulkan dibanding lawannya. Itu jika dilihat dari materi pemain saja. Belum lagi jika melihat head to head kedua tim yang condong ke Inter. Apabila ditambah dengan fakta-fakta tentang tren tim lainnya sepertinya Bologna dipastikan akan kesulitan mengatasi skuad Mazzarri.

Pertandingan ini akan digelar di Giuseppe Meazza. Artinya sudah pasti Inter akan punya motivasi lebih untuk menang di hadapan pendukungnya sendiri. Seperti yang sudah diperlihatkan dalam sepuluh pertandingan kandang terakhir. Hanya sekali kalah melawan Atalanta dua pekan lalu. Lagipula tren Bologna di partai tandang terbilang buruk. Sembilan kali gagal menang dalam sepuluh kali bertandang. Tak ada yang tak mungkin memang. Bisa saja nanti Bologna memberi kejutan untuk memaksa Inter melanjutkan hasil-hasil negatifnya. Karena mau tak mau harus mendulang poin supaya bisa menjauh dari zona degradasi.

Sepertinya akan sulit bagi saya untuk memprediksi formasi dan line-up kedua tim. Karena Walter Mazzarri dan Davide Ballardini adalah pelatih yang suka mengubah-ubah formasinya. Seperti pekan lalu dimana Inter tampil dengan 3-4-2-1 dan Bologna 4-4-2 yang notabene bukan formasi yang biasa dimainkan. Hasilnya pun terbilang merugikan untuk kedua tim. Inter ditahan imbang sedangkan Bologna kalah dari Atalanta. Dari pelajaran pertandingan lalu harusnya kedua pelatih ini memainkan formasi terbaiknya nanti. Mazzarri dengan 3-5-2 dan Ballardini dengan 3-5-1-1.

Ada satu fakta menarik tentang kedua tim ini. Mereka memiliki cara bermain yang kurang lebih mirip. Yaitu dengan mengandalkan sisi lapangan dan melancarkan crossing ke kotak penalti. Berarti kemungkinan besar pertandingan akan tergantung kepada para wingback kedua tim.

Uniknya lagi, Inter lebih banyak melakukan serangan dan crossing dari sisi kanan dan Bologna di sisi kiri. Maka kemungkinan pertarungan antara Jonathan dan Archimede Morleo pasti sangat menarik. Tapi akan ada kerugian besar jika berita tentang Jonathan yang kurang fit itu benar. Danilo D'Ambrosio kemungkinan akan menggantikannya. Jika benar terjadi maka tumpuan serangan Inter akan beralih ke Nagatomo atau Alvarez yang suka bermain melebar di sisi lapangan. Bologna akan punya kesempatan jika bisa mempertahankan serangan dari sisi kiri. Selain Morleo ada Christodopoulos yang pekan lalu bermain lebih melebar dari biasanya. Maka tekanan kepada sisi kanan Inter akan bertambah. Dan lagi jika Panagiotis Kone hadir di lapangan akan sangat membantu penyerangan.

Apa pertandingan akan beralih ke tengah? Mungkin saja karena dari semua striker Bologna hanya Rolando Bianchi yang punya kemampuan duel udara. Sulit untuk menghadapi deretan pemain belakang Inter dengan hanya mengandalkan crossing.  Tapi Bologna akan bermain tanpa Della Rocca yang cedera. Kemungkinan trio Christodopoulos, Rene Krhin, dan Diego Perez akan diandalkan untuk menandingi kreativitas lini tengah Inter.

Partai ini menurut saya tak akan ada banyak gol. Karena produktifitas kedua tim yang buruk. Inter akan sangat kesulitan jika Palacio tak diberi ruang sama sekali. Bologna pun sepertinya akan sibuk dengan bertahan daripada menyerang. Ya paling besar hanya selisih dua gol untuk kemenangan Inter. Atau kembali seri setelah Inter memimpin dan Bologna mencetak gol di menit-menit akhir. Siapa yang tahu?

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer