Friday, January 17, 2014

Dialog Sepakbola A & B

Kisah dan dialog ini hanya fiksi belaka dan bukan kisah cinta.

Di suatu sore yang gerimis ada dua pria sedang berteduh di warung kopi sederhana. Mereka tak tahu dan tidak saling kenal satu sama lain. Hingga akhirnya mereka memulai percakapan sederhana.

A: Hei bro, boleh pinjem koreknya?
B: Oh iya, boleh mas. Ini silahkan.

Lalu si A dengan tenangnya membakar sebatang rokok dan langsung menghisapnya dalam-dalam. Dan mereka melanjutkan percakapannya.

A: Bro, makasih ya koreknya. Oh ya nama gue A.
B: Iya mas, sama-sama. Nama saya B. Mas baru pulang kerja ya?
A: Iya nih, gue baru pulang. Eh maaf, gak masalah kan kalo ngomongnya pake gue-lo? Takutnya dikira gak sopan nantinya.
B: Iya mas, gak apa-apa kok. Tapi saya memang terbiasa begini. Tenang aja loh mas. Hehe.
A: Oke deh. Eh, kalo boleh tau, lo masih kuliah apa udah kerja?
B: Saya sudah kerja mas. Mas sendiri kerjanya di mana?
A: Kalo gue kerja di perusahaan X itu loh. Tau kan? Kalo lo kerja di mana?
B: Oh ya tau saya. Saya kerja di kantor media Z mas.Ya gak terkenal sih soalnya baru. Bagian yang suka nulis-nulis tentang olahraga gitu.

Mereka mengobrol sambil memesan segelas kopi dan sebungkus rokok.

A: Oooh, wah lo suka nulis berita bola dong? Kebetulan nih gue penggila sepakbola.
B: Iya mas saya "spesialis" tentang sepakbola gitu. Masnya suka nonton bola Indonesia gak?
A: Maksud lo Liga Indonesia atau Kejuaraan kecil-kecilan doang? Kan Indonesia suka banyak tuh
     kejuaraan kecil-kecilan tapi ditayangin juga. 
B: Ya dua-duanya mas.
A: Ya kadang-kadang sih soalnya kan Liga Indonesia ditayanginnya sore. Nah itu sih gua masih ngantor. Jadi jarang nontonnya. Lagian bola Indonesia mah begitu-begitu aja sih.
B: Begitu aja gimana mas?
A: Ya begitu deh. Lo pasti lebih tau lah dari gue.

Si B mulai membakar rokok dan mengambil handphone dari saku jaketnya.

B: Wah, belum tentu loh mas. Saya juga masih belajar banyak tentang sepakbola. Kebetulan saya lagi tertarik sama bola Indonesia nih mas.
A: Wih. Kenapa emangnya? Pasti gara-gara timnas U-19 yang juara kemaren ya?
B: Iya sih. Soalnya bos saya minta untuk buat artikel seputar sepakbola Indonesia gitu. Padahal kan sebentar lagi Piala Dunia. Tapi dia malah pengen kita nambah artikel bola lokal.
A: Yaaah. Ada bagusnya juga sih bos lo. Mumpung masyarakat kita masih berapi-api bro liat tim nasional main. Ya gak?
B: Iya juga ya mas. Eh menurut mas, timnas U-19 bagus gak?
A: Menurut gua ya bagus. Soalnya juara. Tapi menurut gue, itu agak heboh ya. Padahal cuma U-19. Di luar negeri belom tentu orang mikirin tim U-19.
B: Iya juga ya mas. Emang apa bagusnya mas? Orang-orang sampe heboh banget ya. Saya juga bingung.
A: Ya soalnya juara. Kita kan jarang juara. Eh diminum dulu bro kopinya.
B: Oh iya mas. Lupa. Hehehe.

Mereka pun menyeruput kopinya masing-masing.

A: Eh, bro. Menurut lo Indonesia kapan ya ke Piala Dunia?
B: Menurut saya sih kalo semua tim di Indonesia bisa main macem tim U-19.
A: Mainnya gimana emang maksud lo? Kan gak semua tim ada Evan Dimas.
B: Ya maksud saya, main oper-oper pendek terus kuat lari-larian 90 menit gitu loh mas.
A: Oh iya juga ya. Eh tapi kemaren gue liat siaran ulang kejuaraan kecil-kecilan malem-malem. Mainnya bagus banget. Oper-operan pendek, jarang salah oper. Tapi mereka bodo. Gak bisa ngegolin sampe gue ketiduran bosen liatnya.
B: Ah jangan bilang bodo gitu mas. Emangnya mas bisa ngegolin kalo disuruh main?
A: Ya enggak lah! Gue kan bukan pemain bola. Mereka kan "pro", tiap hari latian. Kerjanya main bola, makanya gua bilang bodo.

B: Iya juga ya mas. Kadang saya juga kesel sih mas liat pemain Indonesia larinya cepet-cepet. Tapi tekniknya jelek mainnya macem anak-anak di kampung saya. Kerjaannya cuma dribel sama umpan ke depan gawang.
A: Nah itu dia yang paling aneh bro. Masa teknik macem cut inside aja kagak dipake. Kalo gue jadi bek lawannya. Tinggal tunggu aja depan gawang siap-siap nyundul buang bola. Ya kan?
B: Iya mas. Gampang banget ditebak ya. Emang mas suka main bola ya?
A: Iya gue waktu kecil main bola jadi bek mulu. Soalnya kata temen-temen gue, gue jago jadi bek. Jarang kebobolan. Padahal mereka aja mainnya bodo senengnya lari-larian lewat samping, gampang ditebak strateginya. Ya gak?
B: Iya mas, saya juga waktu kecil disuruh jadi bek mulu gara-gara saya larinya lamban terus tendangannya pelan. Jadi gak boleh jadi penyerang deh. Hehe.
A: Terus tim lo sering kebobolan gak?
B: Ya sering juga mas. Soalnya temen saya yang jadi kiper orangnya gendut terus geraknya lebih lamban dari saya. Jadi ya sering kebobolan juga deh.
A: Hahahaha.

B: Eh mas, menurut mas PSSI sekarang gimana?
A: Ah, menurut gue mau PSSI-nya bagus juga kalo kita mainnya masih begitu-begitu aja sih gak akan maju. Percuma. Kita tuh harus nemuin jati diri sepakbola kita bro. Mainnya mau gimana. Liat tuh Spanyol, Jerman, Italia, Jepang. Mereka stabil terus kan. Soalnya punya jati diri sepakbola bro. Ibaratnya dari umur paling muda sampe senior punya ciri khas yang sama.
B: Kalo Brazil sama Argentina mas?
A: Ya sama aja menurut gue. Mereka kan ada banyak banget pemain berbakat tiap generasi. Tapi pasti ciri khas permainannya lebih suka individual kan. Ya tinggal disesuaikan aja sama strategi pelatihnya.
B: Oh iya ya mas. Kalo Inggris gimana menurut mas?
A: Pemain mereka kan bagus-bagus. Punya tradisi unggulan di setiap turnamen. Tapi gak pernah juara bro. Sama kaya Indonesia.
B: Hahaha.

Mereka pun selesai meminum kopi yang tinggal sedikit dan membayar.

B: Mas, saya duluan ya saya mau ketemu temen dulu. Makasih ya obrolannya. Lain kali kita ngobrol bola lagi.
A: Oh iya bro. Hati-hati ya. Gue juga mau cabut nih.

Dan mereka pun keluar dari warung kopi dan bergegas ke tujuannya masing-masing.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer