Wednesday, January 11, 2017

Resolusi Tahun 2017




 Mungkin terbilang telat jika saat ini saya baru berbicara tentang resolusi tahun 2017. Tapi ya tak apalah, karena saya baru benar-benar mengetahui apa yang harus saya lakukan selama setahun mendatang ini. Resolusi saya hanya satu, yaitu memperbaiki diri.

Terdengar agak klise ya. Namun jika dipikir lagi, baru kali ini saya benar-benar menemukan tujuan yang jelas dalam hidup. Selain itu, rasanya sudah terlalu lama saya tidak memperhatikan diri sendiri. Lebih tepatnya, terlalu memikirkan apa pandangan orang lain tentang saya. Kasihan juga diri ini.

Lagipula apalah arti daftar keinginan yang dibuat pada awal tahun. Sah saja memang jika menurut kalian itu bagus. Namun saya telah menyadari bahwa tak semua apa yang kita inginkan bisa terwujud sesuai harapan. Bukan berarti saya pesimis sepenuhnya, tidak juga. Karena saya juga yakin apa pun yang kita inginkan pasti terwujud, meski pun tak sama persis dengan yang dibayangkan.

Maka dari itulah saya berpikir, jika dunia tak berjalan dengan apa yang kita inginkan, satu-satunya yang bisa kendalikan ya hanya diri sendiri.

Namun saya sempat kebingungan mulai dari mana saya untuk memperbaiki diri. Beruntung saya sempat mendengar tentang 7 Habits, sebuah konsep yang dibuat oleh Stephen R. Covey. Covey juga menuangkannya dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People.

Di dalam buku ini, Covey membagi tujuh langkah tersebut menjadi tiga bagian, Independence, Interdependence, dan Continuous Improvements. Secara kasar seperti ini:

Independence:
1.Be Proactive
2.Begin with End in Mind
3.Put First Things First

Interdependence:
4.Think Win-Win
5.Seek First to Understand, Then to be Understood
6.Synergize

Continuous Improvements:
7.Sharpen the Saw

Ya, cukup sederhana memang, bahkan tanpa harus melihat penjelasannya pun rasanya kita bisa mengerti apa yang dimaksud. Meski bagusnya membaca lebih lanjut karena akan dijelaskan secara lebih mendalam.

Maka dari itulah saya merasa, ini adalah salah satu cara yang bisa saya jadikan pedoman untuk satu tahun ke depan, mungkin lebih. Karena jujur saja, saya hampir tak pernah membaca buku atau artikel self help seperti ini, tapi saya begitu tertarik dengan 7 Habits ini. Alasannya ya karena sederhana dan bisa diterapkan oleh siapa saja.

Ya, itulah resolusi saya untuk tahun ini. Mencoba untuk menerapkan ketujuh langkah dari Covey. Saya yakin jika kebiasaan telah berubah menjadi lebih baik, impian dan keinginan pun akan datang menghampiri.


Sedikit catatan:

Setelah membaca 7 Habits, saya cukup kecewa. Karena jika dipikir, mengapa konsep ini tidak diajarkan saja di perkuliahan. Memang pasti ada beberapa jurusan yang diajarkan tentang konsep ini.

Saya rasa semua anak, khususnya yang baru lulus SMA harus membacanya. Karena di usia segitulah saat-saat kita mulai mencari jati diri dan kedewasaan. Lagipula kan pintar itu tak cukup untuk bertahan hidup, harus diiringi dengan kepribadian dan karakter yang baik juga.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer