Tuesday, June 11, 2013

Kejutan dari Belanda

Kejutan dari Belanda
 
Beberapa hari yang lalu, tepatnya Jumat, 7 Juni 2013 menjadi hari yang bersejarah bagi sepakbola Indonesia. Ya, tim nasional Indonesia menjalani partai persahabatan melawan Belanda. Banyak yang mengaitkan dengan sejarah negara sampai kultur sepakbola masing-masing. Memang ini kesempatan yang langka, mengingat Belanda adalah salah satu tim top dunia.

Malam itu saya bersiap-siap untuk menyaksikan bersama keluarga di rumah. Saya bersiap untuk melihat apa yang akan diberikan Jacksen Tiago. Saya sangat berharap ada kejutan untuk tim tamu. Tapi sebelum permainan dimulai, kejutan itu sudah menghampiri. Indonesia memakai kostum tandang...

Mengejutkan. Pada jaman sekarang ini memang jarang ditemukan kasus seperti ini. Karena rata-rata klub-klub di Eropa memiliki kostum ketiga. Ini bisa mengantisipasi adanya bentrok warna. Lalu kenapa timnas memakai kostum tandang?

Padahal, kita bertindak sebagai tuan rumah. Kenapa?

Pernyataan promotor pertandingan yang bersangkutan ini semua terkait oleh komersil dan uang. Menyedihkan. Menyebalkan. Jika tak punya cukup uang, mengapa harus memaksakan mendatangkan Belanda? Mengapa tidak mencari bantuan dana dari sponsor misalnya? Apa ada miss comunication dengan PSSI? Apa salah pengurus PSSI yang berganti-ganti? Lalu jika mendatangkan Belanda banyak merugikan, kenapa harus memaksakan?

Ya memang saya hanya orang awam, tidak tahu-menahu terlalu dalam mengenai masalah itu. Pertanyaan-pertanyaan itu hanya terbesit di pikiran. Silakan berkomentar dan memberi saran. Toh tidak masalah jika pertanyaan-pertanyaan saya terjawab. Walaupun saya tahu bahwa FIFA tidak mengharuskan memakai kostum tandang karena ini hanyalah persahabatan.

Saya hanya merasa aneh jika melihat tim tuan rumah harus mengalah hingga ke kostum pertandingan.

Bagaimana dengan penampilan performa para pemain? Kurnia Meiga? Banyak yang bilang mengejutkan, banyak perubahan, meningkat pesat. Tapi saya tidak terkejut sama sekali. Karena saya yakin, dari dulu pemain-pemain Indonesia hebat dan berbakat.

Oh ya, satu kejutan lagi. Tidak hanya tim nasional yang memakai kostum tandang, Kurnia Meiga yang gemilang, tetapi sebagian orang Indonesia pun memakai atribut dan tidak lupa mendukung lawan...


No comments:

Post a Comment

Postingan Populer