Monday, July 11, 2016

Portugal Kini dan 12 Tahun Lalu



Piala Eropa 2016 telah usai dan memunculkan Portugal sebagai juara baru. Melihat gelaran Euro kali ini memang meninggalkan banyak cerita. Mulai dari pertemuan para raksasa sebelum partai final hingga cerita para underdog yang mengejutkan. Bisa dibilang, Euro 2016 adalah salah satu yang meninggalkan banyak kesan untuk saya.
Hal ini mengingatkan saya pada 12 tahun lalu, ketika pertama kalinya saya benar-benar menyaksikan dengan seksama gelaran Piala Eropa. Saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar, ketika menonton sepakbola dengan antusias yang tinggi. Ya ketika saya begitu menggilai yang namanya sepakbola.

Masih segar diingatan ketika Portugal masih didominasi oleh pemain Benfica dan Porto. Namun ketika diperhatikan lagi, entah hanya kebetulan atau tidak, tapi memang banyak kemiripan yang hadir pada tim Portugal 2004 dan 2016 ini.

Wonderkid

Setiap tim yang berlaga di putaran final Piala Eropa tentu memiliki wonderkid, pemain muda dengan talenta mumpuni yang sering digadang-gadang menjadi bintang di masa mendatang. Tahun ini, nama Renato Sanches yang masih berusia 18 tahun berhasil mencuri perhatian khalayak. Kemampuannya dalam menyerang dan bertahan sangat membantu lini tengah Portugal. Kerja kerasnya pun terbayar ketika ia mencetak gol penyama kedudukan saat berhadapan dengan Polandia di perempat final. Berkat gaya permainannya yang bertenaga itulah ia sering dimirip-miripkan dengan Edgar Davids.

Jika di 2016 ada Renato Sanches, 12 tahun lalu Portugal punya Cristiano Ronaldo. Ya, ketika itu pria yang kini menjabat sebagai kapten tim nasional ini masih berusia 19 tahun. Di usia yang muda, penampilannya menarik perhatian meski tak selalu menjadi pilihan utama. Dia juga mencetak dua gol sepanjang turnamen. Namun sayang ia gagal membawa Portugal ke tangga juara meski mencapai partai final ketika itu.

Ya, semoga saja di 12 tahun mendatang, Renato Sanches bisa mengikuti jejak Ronaldo.

Superstar Bernomor Punggung 7

Portugal kini dan 12 tahun lalu punya mega bintang dengan angka 7 di punggungnya, Cristiano Ronaldo dan Luis Figo. Ya keduanya adalah salah satu pesepakbola terbaik Portugal yang pernah ada. Ronaldo dan Figo memang memiliki kemiripan dalam hal bermain. Keduanya memiliki skill dribble di atas rata-rata dan memiliki tendangan yang akurat. Mereka juga memiliki posisi asli sebagai winger, dan juga mematikan saat mengeksekusi bola mati.

Uniknya, baik Ronaldo 2016 dan Figo 2004 sama-sama berusia 31 tahun dan bermain untuk Real Madrid. Bedanya, ketika itu Figo bukanlah kapten utama laiknya Ronaldo. Pada 2004, kapten Portugal adalah Fernando Couto yang bermain untuk kesebelasan Lazio. Sayangnya, Figo (serta Ronaldo) gagal membawa Portugal menjadi juara di 2004 lalu.

Pemain Tertua adalah Pemain Belakang

Ada pemain muda, tentu juga ada pemain yang berusia jauh lebih tua. Ketika bermain di sebuah turnamen, pemain berpengalaman memang dibutuhkan oleh pelatih. Dengan mental yang lebih teruji, tak jarang mereka justru memberi pengaruh yang besar, tak terkecuali dengan Portugal.

Jika membandingkan antara Portugal 2004 dan 2016, mereka memiliki kesamaan pada pemain dengan usia yang paling senior. 12 tahun lalu, Portugal punya Fernando Couto yang juga bertindak sebagai kapten, saat itu usianya telah 34 tahun. Sedangkan di 2016, mereka diperkuat oleh Ricardo Carvalho yang telah menginjak 38 tahun. Uniknya, kedua pemain ini sama-sama berposisi sebagai pemain belakang.

Bisa dibilang, skuad Portugal kali ini memang banyak diperkuat oleh pemain-pemain senior. Tercatat ada total 9 pemain yang usianya telah mencapai kepala tiga, termasuk Ronaldo dan Carvalho. Berbeda dengan Portugal 2004 yang "hanya" punya lima pemain saja.

***

Memang banyak kemiripan yang muncul yang tak disadari antara Portugal kini dan 12 tahun lalu. Setelah saya perhatikan lagi, ada satu lagi kemiripan, tetapi bukan dari tim Portugal. Yaitu, saya pribadi menyaksikan Euro 2016 seperti Euro 2004. Menonton sepakbola dengan antusias yang tinggi bagai awal "kegilaan" saya pada sepakbola, hehe.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer